Marketing atau pemasaran adalah suatu proses sosial dan menejerial dengan nama individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Pemasaran mempunyai kedudukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
Pemasaran juga merupakan suatu urutan-urutan kegiatan yang saling berkaitan
erat dan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia
melalui proses pertukaran. Dengan demikian perusahaan dalam menjalankan
usahanya perlu memperhatikan dan mengembangkan sistem pemasarannya
Konsep kata marketing atau pemasaran bermakna bahwasannya pencapaian
tujuan organisasi bergantung pada pengetahuan tentang kebutuhan dan
keinginan target pasar dan pengiriman kepuasan-kepuasan yang diinginkan.
Itu berarti bahawa dalam rangka pemenuhan tujuan-tujuan perusahaan,
sebuah perusahaan harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen
dan melayaninya dengan lebih efektif dari para saingan.
Beberapa Jenis-jenis Marketing atau pemasaran:
- Telemarketing
Telemarketing (kadang-kadang dikenal sebagai penjualan di dalam, atau telesales di Inggris dan Irlandia) adalah metode pemasaran langsung di mana seorang penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau melalui wajah setelah muka atau Penunjukan Web conferencing dijadwalkan selama panggilan berlangsung.
- Multilevel MarketingMulti-level marketing (MLM) merupakan suatu strategi pemasaran di mana kekuatan penjualan kompensasi tidak hanya untuk penjualan mereka secara pribadi menghasilkan, tetapi juga untuk penjualan orang lain mereka merekrut, menciptakan downline distributor dan hirarki dari berbagai tingkat kompensasi. Istilah lain untuk MLM termasuk pemasaran jaringan, dan pemasaran rujukan, tidak menjadi bingung dengan pemasaran rujukan sebenarnya. Paling umum, tenaga penjualan diharapkan untuk menjual produk langsung ke konsumen melalui referral hubungan dan firman pemasaran mulut.
- Individualized MarketingMenekankan pendekatan atau sentuhan pribadi kepada konsumen marketing data base
- Service MarketingTahap dimana konsumen telah membeli produk atau jasa dalam satu paket lain seperti layanan sebelum dan sesudah penjualan.pada tahap ini pula konsumen sudah bisa mempertimbangkan tingkat kepuasaan mereka.
- Marketing MixTidak hanya mencangkup barang dan jasa tetapi juga meliputi ide gagasan,konsep dan organisasi,kota,negara,bangsa dan berbagai bentuk produk yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
- Social MarketingMenunjukan tanggungjawab sosial untuk peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pendidikan seni budaya kesehatan linggukan dan agama,olahraga dan sebagainya.
Sumber:
Buku Dasar-dasar pemasaran - Philip Kotler & Gary Armstrong
http://mpr-tugas.blogspot.com/p/jenis-jenis-marketing.html
http://mpr-tugas.blogspot.com/p/jenis-jenis-marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar