Kata kunci: Analisa Regresi dan Korelasi
Berganda Linier
BAB I
PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Dunia usaha dewasa ini semakin berkembang,
ditandai dengan semakin tajamnnya persaingan dalam berbagai bidang. Oleh karena
itu peranan pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak bagi tiap
perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produknya. Sejalan dengan beredarnya
berbagai merk produk di pasaran yang umumnya berasal dari masing-masing
perusahaan yang menghasilkan jenis produk yang sama, menyebabkan timbulnya
persaingan untuk mendapatkan minat dan kepercayaan konsumen atau dengan kata
lain untuk mendapatkan pangsa pasar.
Ketatnya
persaingan serta perubahan pendapatan manusia itulah yang membuat
perusahaan-perusahaan berusaha menarik minat konsumen dengan berbagai trik atau
cara sesuai dengan kondisi masing-masing perusahaan itu sendiri. Untuk menarik
minat konsumen, sekaligus memenangkan persaingan antar perusahaan maka
diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat. Salah satu komponen pemasaran
yang paling dibutuhkan oleh perusahaan adalah promosi. Dengan promosi itulah
masing-masing perusahaan dapat menawarkan produk atau jasa dengan semenarik
mungkin. Selain itu bagi konsumen itu sendiri, promosi juga dapat berperan
sebagai sarana komunikasi yang efekif untuk lebih mengenal perbedaan dan
kelebihan produk yang satu dengan yang lainnya.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang dibahas dalam
penulisan ilmiah ini adalah:
1. Kegiatan promosi apakah yang dilakukan oleh PT SEAPI
2. Bagaimanakah pengaruh biaya promosi terhadap
hasil penjualan pada PT SEAPI
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi
pembahasan masalahnya pada kegiatan promosi
yang dilakukan PT SEAPI dan pengaruhnya terhadap hasil penjualan pada PT SEAPI dengan
data sampel tahun 1998-2002.
yang dilakukan PT SEAPI dan pengaruhnya terhadap hasil penjualan pada PT SEAPI dengan
data sampel tahun 1998-2002.
1.4 Tujuan penelitian
Adapun tujuan
penelitian ilmiah ini antara lain:
1. Untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan
oleh PT SEAPI.
2. Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap
hasil penjualan PT SEAPI.
1.5 Metode Penelitian
Dalam penyusunan
penelitian ilmiah ini maka penulis menggunakan metode pengumpulan data
yang berupa:
yang berupa:
1. Pengumpulan data primer
Dilakukan dengan cara observasi obyek penelitian
yaitu PT. SEAPI, yaitu mengamati
bagaimanacara PT. SEAPI melakukan kegiatan
promosinya.
2. Pengumpulan data sekunder
Dilakukan dengan cara memperlajari buku-buku
literature yang berhubungan dengan
topik penelitian ilmiah ini dan wawancara langsung dengan pihak PT. SEAPI yang
terkait untuk memperoleh data-data yang diperlukan oleh penulis.
topik penelitian ilmiah ini dan wawancara langsung dengan pihak PT. SEAPI yang
terkait untuk memperoleh data-data yang diperlukan oleh penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar