Pages


Minggu, 11 November 2012

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT SEAPI

Kata kunci: Analisa Regresi dan Korelasi Berganda Linier

BAB I

PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang

Dunia usaha dewasa ini semakin berkembang, ditandai dengan semakin tajamnnya persaingan dalam berbagai bidang. Oleh karena itu peranan pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak bagi tiap perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produknya. Sejalan dengan beredarnya berbagai merk produk di pasaran yang umumnya berasal dari masing-masing perusahaan yang menghasilkan jenis produk yang sama, menyebabkan timbulnya persaingan untuk mendapatkan minat dan kepercayaan konsumen atau dengan kata lain untuk mendapatkan pangsa pasar.
Ketatnya persaingan serta perubahan pendapatan manusia itulah yang membuat perusahaan-perusahaan berusaha menarik minat konsumen dengan berbagai trik atau cara sesuai dengan kondisi masing-masing perusahaan itu sendiri. Untuk menarik minat konsumen, sekaligus memenangkan persaingan antar perusahaan maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat. Salah satu komponen pemasaran yang paling dibutuhkan oleh perusahaan adalah promosi. Dengan promosi itulah masing-masing perusahaan dapat menawarkan produk atau jasa dengan semenarik mungkin. Selain itu bagi konsumen itu sendiri, promosi juga dapat berperan sebagai sarana komunikasi yang efekif untuk lebih mengenal perbedaan dan kelebihan produk yang satu dengan yang lainnya.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah:
     1. Kegiatan promosi apakah yang dilakukan oleh PT SEAPI
     2. Bagaimanakah pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan pada PT SEAPI

1. 3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pembahasan masalahnya pada kegiatan promosi
yang dilakukan PT SEAPI dan pengaruhnya terhadap hasil penjualan pada PT SEAPI dengan
data sampel tahun 1998-2002.

1.4 Tujuan penelitian

Adapun tujuan penelitian ilmiah ini antara lain:
       1.  Untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT SEAPI.
       2. Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan PT SEAPI.

1.5 Metode Penelitian
Dalam penyusunan penelitian ilmiah ini maka penulis menggunakan metode pengumpulan data
yang berupa:
      1. Pengumpulan data primer
          Dilakukan dengan cara observasi obyek penelitian yaitu PT. SEAPI, yaitu mengamati 
          bagaimanacara PT. SEAPI melakukan kegiatan promosinya.
      2. Pengumpulan data sekunder
          Dilakukan dengan cara memperlajari buku-buku literature yang berhubungan dengan
         topik penelitian ilmiah ini dan wawancara langsung dengan pihak PT. SEAPI yang
         terkait untuk memperoleh data-data yang diperlukan oleh penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar