BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan1. Y = 32,355333 + 0,05625 X1 + 0,130080 X2 dapat disimpulkan bahwa jika X = 0 atau tidak ada biaya
promosi maka hasil penjualan sebesar Rp. 32.355.333.000. Setiap penambahan 1 variabel X1 (personal
selling) maka akan menaikkan hasil penjualan sebesar Rp. 56.250.000 dan bila penambahan 1 variabel
X2 (periklanan) akan menaikkan penjualan sebesar Rp. 130.080.000.
2. Koefisien Korelasi sebesar 0,85 yaitu mendekati 1, memiliki arti bahwa hubungan antara personal selling
dan periklanan terhadap penjualan cukup erat dan searah.
3. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,73146 memiliki arti bahwa hasil penjualan dipengaruhi personal
selling dan periklanan sebesar 73,146% sedangkan sisa 28,85% dipengaruhi faktor lain seperti harga dan
daya beli konsumen.
4. Dari hasil tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan lebih memilih promosi dengan
periklanan daripada personal selling, karena biaya periklanan lebih kecil yaitu Rp. 8.110.000.000 dan
dengan biaya tersebut dapat menaikkan hasil pembelian sebesar Rp. 130.080.000.
5.2 Saran
Baiknya upaya promosi dengan Periklanan terus diupayakan dan ditingkatkan agar hasil penjualan yang
diperoleh lebih dari yang dihasilkan selama lima tahun terakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar